Selasa, 01 Desember 2009

SIAP UJIAN NEH!!!

Posted by JALALUDIN ARMI On 23.59 0 komentar

Ujian??? hati, pikiran terasa ruet ketika akan menghadapi ujian. Ia bagaikan monster yang siap memangsa siapa saja. Padahal kalau dipikirkan ujian itu tidak seseram apa yang dibayangkan. Bahkan ujian akan menjadi sesuatu yang melezatkan...

Untuk apa berilmu kalau tidak ada ujiannya? Uantuk apa mengetahui cara naik motor jika tidak mau mengendarainya? Agar ujian terasa maknyuss, di bawah ini saya tulis beberapa kiat untuk menghadapinya :

  1. Fahami Tujuan dari Ujian

Ujian bukanlah ajang menulis kreatif dengan segala modelnya. Ujian itu untuk mematangkan diri dan untuk mengevaluasi diri. Kita tidak pernah tahu seberapa pintar dan faham kita menguasai materi pembelajaran. Dengan ujian kita dapat mengetahui kekurangan yang ada pada diri. Dari proses itulah kita dapat mengerti sejauh mana kemampuan dan sebesar apa kekurangan kita.

  1. Rencanakanlah

Merencanakan belajar untuk ujian adalah modal besar agar hasil ujian menjadi bagus. Memasang target pada saat-saat tertentu demi persiapan menghadapi ujian memiliki peran yang cukup besar. Ia akan menjadi motivasi dalam belajar. Jangan berlebihan dalam memformat waktu belajar. Seimbangkanlah antara waktu belajar dan istirahat, karena semuanya memiliki hak.

  1. Jalanilah

Rencana tidak akan bernilai tanpa proses. Bukan waktu yang dihabiskan atau benyaknya pelajaran yang telah terhabiskan. Melainkan apakah waktu dan benyaknya belajar itu ternikmati saat menjalaninya? Maka jalanilah proses belajar dengan santai dan jangan dijadikan beban.

  1. Pena dan Membaca

Sandingkanlah selalu membaca dan menulis sebab aktifitas menulis tersebut akan menjaga otak kamu bekerja lebih baik dibanding hanya membaca.

  1. Deg-deg…

Hindarilah belajar terlalu tegang, Rilekslah… berfikirlah positif dengan menyingkirkan segala pikiran tentang kelemahan-kelemahan apalagi hal-hal yang tidak kamu ketahui dengan jelas. Pikirkanlah apa yang kamu dapat lakukan. Be Positive!!!

Mudah-mudahan kiat di atas dapat membantu anda jika akan menghadapi ujian.

Wallahu’alam…


0 komentar:

Posting Komentar