Rabu, 16 Desember 2009

FUNGSI MASJID

Posted by JALALUDIN ARMI On 04.39 0 komentar

Masjid dilihat dari sudut bahasa berasal dari bahasa arab yang artinya tempat sujud, tempat shalat atau tempat ibadah kepada Allah swt. Karena masjid tempat sujud dan tempat ibadah, maka pembangunan masjid dianjurkan disekitar pemukiman untuk memudahkan orang mendatanginya.

            Dalam perkembangan sejarah Islam fungsi masjid tidak hanya sebatas sebagai tempat shalat atau ibadah semata, melainkan juga sebagai pusat kegiatan umat islam. Hal ini ditunjukan oleh Rasulullah saw ketika beliau mengatur kendali pemerintahan dan semua kegiatan umat dilakukan di masjid.

            Hal yang paling menggembirakan adalah bahwa pembangunan masjid tidak hanya dilakukan di sekitar pemukiman penduduk, tetapi juga di setiap lembaga pendidikan. Sekolah atau lembaga pendidikan yang tidak ada fasilitas masjid termasuk sekolah atau lembaga pendidikan yang mempunyai sarana masih kurang. Oleh karena itu, adanya masjid di lingkungan sekolah atau lembaga pendidikan benar-benar sangat diperlukan untuk pelengkap sarana belajar.

            Maka, masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, akan tetapi mempunyai peran dalam pembinaan mental peserta didik, diantaranya : Tempat pembinaan Iman dan Taqwa, Fungsi Sosial Kemasyarakatan, Fungsi Pendidikan, Fungsi Ekonomi. Wajarlah jika masjid dijadikan sentral atau pusat kegiatan umat islam.

 

0 komentar:

Posting Komentar