Senin, 09 November 2009

Gempa Indonesia Tahun 2009

Posted by JALALUDIN ARMI On 18.47 0 komentar

Tahun 2009, Indonesia diguncang gempa sebanyak 47 kali. Gempa terjadi disebabkan karena pergeseran lempengan dan Indonesia berada di 2 lempengan besar. Gempa terjadi di Tasikmalaya berkekuatan 7,3 SR; akibat gempa tersebut, banyak bangunan-bangunan yang roboh sampai memakan korban jiwa. Tak lama kemdian gempa terjadi di Padang Sumatera Barat dengan kekuatan 7,6 SR dan terjadi sebanyak 3 kali gempa. Korban yang meninggal pada gempa di Padang mencapai 400 orang lebih.

Menurut para ahli, gempa besar yang mengguncang Padang sudah diprediksikan yang disebabkan karena pergeseran lempeng samudra hindia yang menyebabkan adanya patahan-patahan di Sumatera Barat sehingga terjadi gempa besar berulang kali. Menurut para ahli gempa mengatakan bahwa bumi bergerak 200 tahun sekali, dan kejadian gempa yang menimpa Indonesia pernah terjadi 200 tahun yang lalu.

Gempa yang terjadi sudah menjadi fenomena alam dan sunatullah. Akan tetapi, jika dipandang dari sudut pandang agama, gempa yang terus-menerus hantam Indonesia dikarenakan manusianya yang sudah tidak taat dan patuh pada ajaran agama. Misalnya di Padang; ada yang mengatakan bahwa Padang adalah pusat perjudian terbesar di Indonesia dan telah menghapuskan salah satu hukum Islam, yaitu waris atau ilmu faraidl.

Setiap kejadian pasti ada hikmah yang terkandung di dalamnya yang pastinya akan bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Tidak ada tempat yang aman di bumi ini. Oleh karena itu, kita harus berlindung pada yang Maha Pelindung, yaitu Allah SWT.

0 komentar:

Posting Komentar